Pemanfaatan media infokus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pendidikan agama Islam di SMP Negeri I Sigalangan

Main Author: Rambe, Megawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4728/1/11%20310%200161.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4728/
Daftar Isi:
  • SMP Negeri I Sigalangan merupakan salah satu sekolah berbasis pendidikan umum tersebesar di Kecamatan Batang Angkola yang dilengkapi dengan sarana dan prasana serta fasilitas yang lengakap. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuai Pemanfaatan media infokus dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam, dan materi pelajaran apa saja yang menggunakan media infokus, juga apa saja kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam dan bagaimana solusi guru dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri I Sigalangan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pemanfaatan media infokus dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam, materi apa saja yang menggunakan media infokus, juga apa saja kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam, dan bagaimana solusi guru dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri I Sigalangan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan kajian tentang pemanfaatan media infokus, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pemanfaatan media infokus, pengertian media infokus, sejarah perkembangan media infokus, kelebihan dan kelemahan menggunakan media infokus, pemanfaatan media infokus serta kendala pemanfaatan media infokus. Untuk mengetahui hasil penelitian ini, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan dan menginterpretasikan objek yang sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara. Analisis data digunakan dengan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pemanfaatan media infokus dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama Islam masih dikategorikan baik, karena para guru bidang studi PAI disekolah ini masih menerapkan media infokus meskipun penggunaannya dibantu oleh staf pegawai sekolah. Dan materi yang sering menggunakan media infokus yaitu materi Tarikh Kebudayaan Islam, Memahami sejarah dakwah Islam, dan Memahami perilaku terpuji dan tercela. Kendala yang dialami guru yaitu kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan media infokus dan kurangnya minat siswa mengikuti pelajaran Pendidikan Agama Islam. Solusi guru dalam menagatasi kendala tersebut hanyalah saran dari kepala sekolah supaya para guru membiasakan memakai media infokus agar lebih berkompetensi lagi dan selalu memberikan arahan kepada siswa untuk lebih giat lagi mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam.