Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Qur’an surah al-Mujadalah ayat 11-13
Main Author: | Isma, Yanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4706/1/10%20310%200055.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4706/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul : “ NILAI-NILAI Pendidikan yang Terkandung dalam Qur’an Surah al-Mujadalah ayat 11-13”. Yang menjadi Permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang isi kandungan serta Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam Qur’an surah al-Mujadalah ayat 11-13. Tujuan penulisan Skripsi ini adalah ingin mengetahui Nilai-nilai Pendidikan yang Terkandung dalam Qur’an Surah al-Mujadalah Ayat 11-13. Data yang digunakan dalam penyusunan Skripsi ini adalah data yang bersifat primer dan skunder. Sumber primer adalah data yangn diperoleh dari sumber inti. Dalam kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah bahwa kalau yang menjadi sumber data primer adalah berasal dari al-Qur’an, tepatnya pada Qur’an Surah.al-Mujadalah ayat 11-13. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data skunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur(kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya didalam al-Qur’an. Uraian tersebut mencakkup berbagai aspek yang dikandung ayat yang ditafsirkan, seperti pengertian kosakata, konotasi kalimatnya, latar belakang turunnya ayat. Kajian ini menunjukkan bahwa dalam Qur’an Surah. al-Mujadalah ayat 11-13 terdapat Nilainilai pendidikan yang meliputi : 1) Nilai pendidikan sosial, keimanan, akhlak, darjad, asmaul husna, agama, dan sebagainya.