Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri I Angkola Timur

Main Author: Harahap, Sariani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4704/1/11%20310%200297.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4704/
Daftar Isi:
  • Masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah Bagaimana minat belajar siswa pada bidang studi PAI di SMA Negeri I Angkola Timur, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada bidang studi PAI Di SMA Negeri I Angkola Timur, dan Bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi PAI Di SMA Negeri I Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada bidang studi PAI di SMA Negeri 1 Angkola Timur, Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi minat belajar siswa pada bidang studi PAI Di SMA Negeri I Angkola Timur, dan Untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada bidang studi PAI Di SMA Negeri I Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode deskriptif adalah suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian. Metode deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti sekelompok manusia, suatu objek, suatu kondisi, suatu sistem, pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi dan wawancara. Analisis datanya membaca dengan teliti catatan di lapangan, kemudian seluruh data baik yang berasal dari pengamatan dan wawancara hendaknya ditelaah secara mendalam. Menyusun menurut tipologi. Membaca kepustakaan yang ada kaitnya dengan masalah dan latar belakang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru PAI dalam meningkatkan minat belajar yaitu dengan menggunakan metode belajar dans strategi belajar yang tepat, menvariasi alat peraga dan juga mengajak siswa aktif pada kegiatan di sekolah. Upaya guru PAI dalam meningkatkan minat belajar dapat dilakukan “ baik “. Berdasarkan dari hasil observasi dan wawancara. Faktor pendukung upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa adanya kegiatan yang di buat didalam kelas.