Motivasi belajar pendidikan agama islam siswa kelas V SD Negeri 100607 Muaratais

Main Author: Nurhamida, Nurhamida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4686/1/103100189.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4686/
Daftar Isi:
  • Penelitian inidi latarbelakangi kurangnya kesadaransiswa akanpentingnya pelajaran Pendidikan Agama Islam, pada saat proses belajar mengajar berlangsung siswa kurang memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan guru, inidilihat pada saat guru menjelaskan materi pelajaran siswa sering membuat keributan di kelas, minta izin keluar, dan mengganggu teman. Disamping itu fakto reksternal juga mempengaruhimotivasibelajarsiswa, sepertikurangnyainivasi guru Pendidikan Agama Islam dalammenyampaikanmateri, keterbatasan waktu, luasnya materi agama yang akan disampaikan dan kurangnya minat belajar siswa, guru kurang memahami motif yang berbeda pada setiap diri siswa, kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan. RumusanmasalahpenelitianiniadalahbagaimanamotivasibelajarPendidikan Agama Islam siswakelas V SekolahDasarNegeri 100607 Muaratais?,apaupaya yang dilakukan guru dalammeningkatkanmotivasibelajarPendidikan Agama Islam siswakelas V SekolahDasarNegeri 100607 Muaratais?. TujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuimotivaibelajarPendidikan Agama Islam siswakelas V SekolahDasarNegeri 100607 Muaratais. DalamPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatifdenganjenispenelitianstudikasus (deskriptif), denganmemberikangambarantentangsuatugejalaatauperistiwa yang terjadi di lapangan.Subjekpenelitianyaitusiswakelas V sebagaisumber data primer, guru Pendidikan Agama Islam sebagaisumber data sekunder.Teknikpengumpulan data dilakukandengancara interview, observasidandokumentasi. Adapunhasildaripenelitianinidapatdigambarkansebagaiberikut:Motivasi belajar PendidikanAgamaIslamsiswa kelas V SekolahDasar Negeri 100607 MuarataismasihrendahkarenakurangnyakesadaransiswaakanpentingnyaPendidikan Agama Islam.Upaya yang dilakukan guru dalammeningkatkanmotivasibelajarPendidikan Agama Islam siswakelas V SekolahdasarNegeri 100607 Muarataisyaitumenyediakanalatbelajar, melengkapisaranadanprasarana. Hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar PendidikanAgamaIslamsiswa kelas V SekolahDasar Negeri 100607 Muaratais. Faktor internal yaitukurangnyapemahaman guru terhadapperbedaan motif diantarasiswa, kurangnyasaranadanprasarana.Sedangkanfaktoreksternalyaituhujanturun.