Hubungan pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan

Main Author: Khodijah, Siti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4672/1/11%20330%200080.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4672/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Bangun Ruang kurang memuaskan dan masih banyak hambatan-hambatan dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut. Hal ini disebabkan oleh siswa yang kurang memahami materi prasyarat untuk dapat menyelesaikannya dengan baik, yaitu salah satunya adalah Garis Dan Sudut. Pemahaman konsep Garis Dan Sudut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penguasaan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun Ruang. Kurangnya penguasaan bangun ruang merupakan pengetahuan dasar dari pemahaman garis dan sudut serta kurangnya perhatian guru terhadap keterampilan prasyarat yang dimiliki siswa. Berdasarkan halt ersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang pada siswa kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Islam Terpadu AlHusnayain Panyabungan sebanyak 50 siswa, sedangkan sampelnya merupakan keseluruhan dari populasi yaitu 50 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes yang berbentuk multiple choice. Kemudian untuk menguji hipotesis yang telah diajukan digunakan analisis statistic deskriptif dan analisis statistic inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X terhadap variabel Y. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan maka ditemukan (rxy) = 0.803 > rtabel 0.279. Dan nilaithitung 9.334 > ttabel1.677 dengan interval kepercayaan 5% dan dk= n – 2 = 50 -2 = 48. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep garis dan sudut dengan penguasaan bangun ruang di kelas X SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan.