Pengaruh pendekatan pemecahan masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada pokok bahasan sistem Persamaan Linear Dua Variabel di kelas VIII MTsN Barus
Main Author: | Tumanggor, Ruaida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4666/1/11%20330%200077.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4666/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang mampu mencari penyelesaian dari soal yang diberikan guru pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan kurangnya kemampuan komunikasi matematik siswa serta 48% siswa kurang berani menuliskan ide-idenya pada LKS, Sehingga penulis mencoba menerapkan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTsN Barus. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pendekatan pemecahan masalah, Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa, dan sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain two group randomized subject post test only. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII MTsN Barus yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 149 orang, dan untuk sampelnya diambil dengan teknik sampel acak klaster (Cluster Random Sampling) yaitu pemilihan kelompokkelompok subjek dengan cara mengambil dua kelas secara acak yang memilki karakteristik yang sama. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes uraian. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 2,84 > t tabel 2,000. Maka dapat diambil kesimpulan Hà ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan Pendekatan Pemecahan Masalah terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTsN Barus.