Pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Rasyid, Harun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4665/1/113100056.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4665/
Daftar Isi:
  • Penulisan Skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya motivasi mengajar guru untuk mencapai keberhasilan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan dengan cara meningkatkan prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui motivasi mengajar guru di Pondok Pesantren Modern Baharuddin, untuk mengetahui prestasi belajar siswa serta untuk mengetahui pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian deskriptif dengan analisis data secara kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari angket, observasi, wawanvara dan studi dokumen. Analisis data dilaksanakan secara kuantitatif dan kualitatif. Selain itu digunakan metode statistik yaitu untuk melihat hubungan motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan melalui rumus Korelasi Product Moment serta untuk mengetahui kebenaran pengaruhnya dilakukan dengan rumus Analisis Regresi Sederhana. Hasil temuan penelitian diperoleh sebagai berikut: Nilai angket motivasi mengajar guru di Pondok Pesantren Modern Baharuddin tergolong cukup dengan nilai rata-rata 62,92, begitu juga dengan prestasi belajar siswa dikategorikan dengan cukup dengan nilai rata-rata 61,40. Sedangkan berdasarkan perhitungan regresi sederhana bahwa ada pengaruh yang signifikan antara motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan yang dapat diterima. Hal ini dapat dilihat dari hasil perolehan Regresi Sederhana yang diuji kesignifikanannya dengan hasil F tabel = 4,006. Harga F tersebut diuji pada taraf signifikan 5% dengan membandingkan F hitung dengan F tabel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa F hitung ≥F tabel atau 4,82 ≥ 4,006. Maka ada pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa di Pondok Pesantren Modern Baharuddin