Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada mata pelajaran pendidikan agama islam (akhlak) siswa Kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Harahap, Pitri Romadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4663/1/113100260.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4663/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran yang konvensional membuat siswa kurang mengerti dan berminat mengikuti pembelajaran serta merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Maka yang terjadi di kelas adalah sebagian siswa hanyaduduk, diam, mendenngarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampikan oleh guru tanpa berusaha memahami dan mengerti dengan apa yang yang di sampaikan guru. Hal ini terjadi Hasil belajar siswa Pendidikan Agama Islam tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Salah satunya dengan pelaksanakan keterampilan membimbing diskusi kelopmpok kecil. Dengan melaksanakan ini diharapkan bias membantu siswa memahami materi Akhlak dan meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi Akhlak. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akhlak siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi bersama guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas dengan subjek penelitian yaitu kelas XI yang berjumlah 28 orang.Instrumen pengumpulan data yang digunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan aktivitas belajar siswa melalui keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada materiakhlak siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil pada materi akhlak siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Huristak Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas, yaitu pada siklus I pertemuan I dan II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu tes kemampuan awal 28,57.,% pada siklus I 53,57.,% dan pada siklus II 78,57%.