Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar Negeri nomor 305 Kampung Baru Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Lubis, Juna
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4651/1/11%20310%200200.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4651/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari banyaknya siswa yang mengalami krisis moral. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 Kampung Baru, bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter siswa, serta apakah kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Nomor 305 kampung baru, untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukn karakter,dan untuk mengetahui kendalakendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa. kegunaan penelitian ini adalah sebagai sumbangan pemikiran tentang strategi guru dalam pembentukan karakter di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 kampung baru. Pembahasan penelitian ini barkaitan dengan strategi guru dalam pembentukan karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri nomor 305 kampung baru. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi guru dalam pembentukan karakter. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini (a) karakter siswa di Sekolah Dasar Negeri Kampung Baru dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu karakter siswa yang berhubungan dengan Allah Swt yaitu berdo’a sebelum dan sesudah belajar dan menghapal ayat-ayat pendek, karakter siswa yang berhubungan dengan diri sendiri yaitu jujur, bertanggung jawab, disiplin, ingin tahu, dan karakter siswa yang berhubungan dengan lingkungan yaitumencegah kerusakan lingkungan dan memperbaiki lingkungan. (b) strategi guru dalam pembentukan karakter siswa itu adalah dengan menerapkan strategi pendekatan kontekstual, keteladanan, kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan dan kegiatan rutin. (c) kendala yang dihadapi guru dalam pembentukan karakter siswa adalah ada dua yaitu faktor internal (kurangnya minat belajar siswa, siswa tidak konsentrasi dalam belajar), dan eksterna (kurangnya kerja sama antar orangtua dan pihak guru, dan kuranya perhatian orangtua).