Metode menghafal al-qur’an :studi kasus di pondok pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Siregar, Gembira
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4647/1/083100005.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4647/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul “METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara)”,yang mendeskripsikan bagaimana metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Bagaimana peranan guru dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.Bagaimana Gambaran hasil menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Ingin mengetahui bagaimana metode menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir. Untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Huffadh Kampung Banjir.Untuk mengetahui bagaimana Gambaran hasil menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesanteren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data yaitu:metode wawancara,observasi,dokumentasi dan metode kepustakaan,kemudian pengolahan data yang dilakukan secara kualitatif. Setelah dilakukan penelitian maka diperoleh hasil bahwa metode menghafal Al-Qur’an yang diterapkan di pondok Pesanteren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas UtaraAda empat metode yang diterapkan di Pondok Pesanteren Darul Huffadh Kampung Banjir Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara.yaitu:Wahdah,Istimaul Mahfuz,Murajaa’ah,dan Wirid Haraian dan peranan guru adalah memperbaiki bacaan