Penerapan metode driil dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-qur’an pada mata pelajaran btq siswa kelas vii1 MTs N 2 Palopat Padangsidimpuan

Main Author: Wanita, Tukma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4639/1/113100271.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4639/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode driil dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an (Hijaiyah) pada mata pelajaran BTQ siswa kelas VII1 MTs N 2 Palopat Padangsidimpuan, serta apakah penerapan metode driil ini dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VII1 MTS N 2 Palopat Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode driil dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa. Dimana metode driil merupakan cara yang dilakukan guru unruk melatih ketangkasan dan keterampilan seseorang dalam mencapai tujuan tertentu. Begitu juga dengan kemampuan seseorang dalam membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah pedoman hidup untuk seluruh manusia. Membaca, mempelajarinya dan mengamalkannya adalah ibadah. Dengan demkian kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an perlu dilatih untuk memperoleh ketangkasan dan keterampilan dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Penelitan ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Sumber data pada penelitian adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh atau dikumpulkan langsung dilapangan. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka peneliti berkesimpulan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VII1 MTsN 2 Palopat Padangsidimpuan meningkat. Kesimpulan ini didasarkan dari persentasi hasil tes kemampuan membaca siswa yang mencapai 94.44% dan kemampuan menulis 83%. Penelitian ini menyimpulkan terjadinya peningkatan karena penerapan metode driil yang secara terus menerus dilakukan oleh peneliti, baik latihan disekolah maupun dirumah. Kemudian pemberian motivasi beserta penguatan yang diberikan peneliti guna untuk membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga terjadi peningkatan dalam setiap pembelajaran.