Pengaruh model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas viii MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Nurhajjah, Nurhajjah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4637/1/113300022.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4637/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan siswa menjadi pendengar dan penonton pasif. Hal ini dapat mengakibatkan tidak berkembangnya kemampuan komunikasi matematika siswa karena dalam pembelajaran jarang terjadi komunikasi antara guru dengan siswa atau siswa dengan siswa. Selain itu lebih menekankan pada penguasaan materi saja sehingga siswa kurang aktif dalam menyampaikan ide-idenya. Untuk itu diperlukan kecakapan guru dalam memilih suatu model pembelajaran matematika yang tepat, baik untuk materi ataupun situasi dan kondisi pembelajaran. Sehingga penulis menerapkan model pembelajaran Think Pair and Share untuk mengetahui bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran think pair and share pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, bagaimana gambaran kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan, pengaruh model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain randomized control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 6 kelas sebanyak 190 orang, dan untuk sampelnya diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu teknik acak berkelompok. Adapun instrumen penelitian ini adalah tes bentuk essay dan checklist. Tes diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data digunakan rumus chikuadrat, dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh kelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran think pair and share, diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 78,6% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Pada perhitungan hasil akhir (posttest) kemampuan komunikasi matematika siswa diperoleh nilai rata-rata (mean) posttest lebih tinggi dibandingkan pretest dengan selisih 11,42 (88,12 – 76,7), begitu pula dengan nilai median serta nilai modus posttest lebih tinggi dibandingkan pretest. Sedangkan hasil uji-t yang diperoleh yaitu thitung = 43,8 > ttabel = 2,042, sehingga penolakan H0 dan penerimaan Ha. Penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan (meyakinkan) antara penggunaan model pembelajaran think pair and share terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada materi garis singgung lingkaran di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan.