Upaya Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan keliling dan luas di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas
Main Author: | Tanjung, Ijakhodi Syahrani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4630/1/11%20330%200104.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4630/ |
Daftar Isi:
- Latarbelakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa, masalah ini terjadi karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sangat sedikit tuntutan aktif dari siswa dan keabstrakan matematika. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padanglawas Berdasarkan latar belakang masalah di atas diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Salah satunya adalah pendekatan matematika realistik, dimana pendekatan ini dilakukan dengan mengaitkan dan melibatkan proses pembelajaran dengan lingkungan sekitar siswa, pengalaman nyata yang pernah dialami siswa dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga matematika bukanlah sesuatu yang abstrak, melainkan menjadi sesuatu yang nyata. Dengan menggunaan pendekatan matematika realistik ini diharapkan dapat membantu siswa memahami materi keliling dan luas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padanglawas. Dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus dimana dalam satu siklus 2 kali pertemuan yang melalui 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes kemampuan sebelum siklus diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa dengan persentase 33,33%, pada tes siklus I meningkat menjadi 66,66%. Kemudian pada tes siklus II diperoleh 91,66%. Kesimpulan bahwa melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas di kelas V SD Negeri 1110 Pirnak Barumun