Hubungan interaksi sosial dalam kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola
Main Author: | Nasution, Darnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4626/1/11%20330%200091.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4626/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola belum maksimal disebabkan tidak terjalinnya interaksi sosial siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, pembelajaran hanya berpusat pada guru saja tanpa melibatkan siswa dan guru kurang mampu menciptakan interaksi sosial dalam kelas dengan baik. Berdasarkan latar belakang masalah, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada hubungan interaksi sosial dalam kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adanya hubungan interaksi sosial dalam kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 berjumlah 185 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 30 siswa yang teknik penarikan sampelnya dengan cara “Porpusive Sampling”. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket pada interaksi sosial dalam kelas dan tes hasil belajar siswa. Untuk pengolahan data dan analisa data menggunakan uji statistik dengan uji korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan uji-t, selanjutnya untuk mengetahui seberapa besarkah sumbangan variable X terhadap variable Y dengan menggunakan koefisien determinan. Hasil penelitian ini ada hubungan interaksi sosial dalam kelas terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Batang Angkola dengan kategori “kuat”. Dibuktikan dengan perhitungan nilai rata-rata yang diperoleh pada variabel X (interaksi sosial dalam kelas) yaitu 76,8 termasuk kategori “baik”, sedangkan variabel Y (hasil belajar siswa) yaitu 74,6 termasuk kategori “baik”. Berdasarkan perhitungan diketahui rhitung sebesar 0,706 dan ttabel sebesar 0,361, kemudian thitung sebesar 7,44 dan ttabel sebesar 1,701. Konstribusi interaksi sosial dalam kelas terhadap hasil belajar siswa sebesar 49,8%.