Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TTG) dalam upaya meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII-3 SMP N 8 Padangsidimpuan

Main Author: Harahap, Putri Nia Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4623/1/11%20330%200028.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4623/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pada penelitian ini adalah motivasi dan kemampuan kognitif siswa masih rendah khususnya pada pokok bahasan segitiga dan segiempat, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempat dikelas VII-3 SMP N 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 8 Padangsidimpuan dengan subjek penelitian yaitu kelas VII-3 yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament(TGT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan motivasi dan kemampuan kognitif siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pokok bahasan segitiga dan segiempat di kelas VII-3 SMP N 8 Padangsidimpuan. Dari hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan indikator motivasi belajar siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 47,31% meningkat menjadi 55,78%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 69,19% meningkat menjadi 77,22%. Selain itu, kemampuan kognitif siswa pada prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu: pada saat sebelum tindakan (prasiklus) diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 35,71%. Pada saat siklus I pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas 57,14% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 64,28%. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas 71,42% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 82,14%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan kognitif siswa pada pokok bahasan segitiga dan segiempatdikelas VII-3 SMP N 8 Padangsidimpuan.