Efektifitas bimbingan dan konseling dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan

Main Author: Harianja, Yuliarmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4613/1/113100036.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mendeksripsikan rumusan masalah yaitu bagaimana pola bimbingan konseling di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan, bagaimana upaya guru mengefektifkan bimbingan konseling dalam membina karakter siswa di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deksriptif. Mengumpulkan informasi mengenai status gejala yang ada pada saat penelitian. Penelitian ini menggunakan dua sumber data yaitu sumber data primer dan skunder. Data yang diperoleh melalui intervew dan observasi. Penelitian ini juga menggunakan informan penelitian dimana informan pada penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa SMP Negeri 11 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembinaan karakter siswa melalui bimbingan konseling di SMP Negeri 11 Padangsidmpuan berjalan dengan efektif karena kerja sama yang baik terjalin antara guru bimbingan konseling dengan kepala sekolah dan guru bidang studi lainnya. Dalam usaha pembinaan karakter siswa melalui bimbingan konseling di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan melakukan langkahlangkah sebagai berikut: memberikan layanan orientasi, layanan informasi, layanan konseling individual, layanan konseling kelompok, layanan mediasi, layanan penempatan dan penyaluran, layanan pembelajaran. Berjalannya usaha pembinaan karakter siswa di SMP Negeri 11 Padangsidimpuan tidak terlepas dari kendala-kendala yang dihadapi oleh para guru bimbingan konseling, yang mana kebanyakan siswa tidak terbuka kepada guru atas permasalahan yang dihadapinya ditambah waktu yang digunakan untuk layananan bimbingan konseling tidak terjadwal secara khusus.