Perbandingan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe students team achievement division (STAD) dan tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi limit fungsi aljabar di kelas XI IPA MAN Natal

Main Author: Fitriani, Fitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4609/1/10%20330%200013.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4609/
Daftar Isi:
  • Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengatasi kondisi siswa yang kurang aktif dan malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan oleh guru. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran untuk mengaktifkan proses belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini berguna untuk mengetahui perbandingan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan di MAN Natal pada materi limit fungsi aljabar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode aksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Natal yang berjumlah 60 siswa, dengan jumlah sampel 30 siswa dikelas eksperimen A dan 30 siswa dikelas eksperimen B. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu tes dan angket. Tes terdiri dari dua macam, yaitu pre tes (sebelum diberi perlakuan) dan post tes (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah Uji – t. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh