Upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi active learning pada pembelajaran fiqh dengan materi taharah di kelas VII MTS Purbaganal Sosopan Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Seriani, Nurasia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4602/1/093100151.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4602/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar Dengan menggunakan Strategi Active Learning Mata Pelajaran Fiqh Materi Taharah di Kelas VII MTs Purbaganal Sosopan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan populasi sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 180 orang, kemudian diambi sampel penilitian sebanyak satu kelas yaitu kelas VII-2 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui strategi Active learning. Penelitian ini adalah penilitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (Action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan, yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara professional. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa menggunakan strategi Active learning dapat meningkatkan hasil belajar fiqh kelas VII MTs Purbaganal Sosopan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 35% (29 dari siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu: Siklus 1 Pertemuan I : 63,5% Siklus II Pertemuan II : 68,75% Siklus III Pertemuan III : 77,75%