Peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat
Main Author: | Ritonga, Sopia Yuliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4599/1/093300119.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4599/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang terdapat dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Angkola barat. Salah penyebabnya adalah metode pembelajaran yang guru gunakan. Oleh karena itu, peneliti ingin melihat bagaimana penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat. Kerena pada materi pecahan hasil belajar siswa masih rendah, dan guru belum memvariasikan model mengajar. Adapun penelitian ini dilakukan oleh peneliti, dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode inkuiri dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan pecahan di SMPN 1 Angkola Barat. Dan juga memberikan tujuan bagi siswa yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap tahap dapat dilihat letak peningkatan hasil belajar siswa. Instrumen yang peneliti gunakan adalah tes. Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan meningkat di kelas VIIa SMP Negeri I Angkola Barat . Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata 56,96 dengan persentase 31,25%, pada pertemuan ke-2 rata-rata 63,84 dengan persentase 46,87%. Pada siklus 2 pertemuan 1 nilai rata-rata 78,13 dengan persentase 78,13% dan pertemuan 2 rata-rata kelas 80,00 dengan persentase 90,63%. Sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada pokok bahasan pecahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dengan penerapan metode inkuiri pada pokok bahasan pecahan di kelas VII SMP Negeri 1 Agkola Barat.