Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan pendekatan kontekstual pada pokok bahasan teorema phytagoras di kelas viii a SMP Negeri 2 Muara Batang Gadis

Main Author: Nuryadin, Rusmin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4598/1/093300093.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4598/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini yaitu Pembelajaran masih berpusat pada guru membuat siswa kurang mengerti dan kurang berminat mengikuti pembelajaran serta siswa merasa jenuh dan bosan dalam pembelajaran di kelas. Yang terjadi dikelas adalah sebagian siswa hanya duduk, diam, mendengarkan dan mencatat materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Hal ini menjadikan aktivitas siswa kurang dalam pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivirtas belajar siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan kontekstual. Dengan menggunakan model pembelajaran ini diharapkan bisa membantu siswa memahami materi Phytagoras dan meningkatkan aktivitas belajar siswa khususnya pada materi Teorema Phytagoras. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran pendekatan kontekstual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pookok bahasan Theorema Phytagoras dikelas VIII A SMP Negeri 2 Muara Batang Gadis? Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Teorema Phytagoras di kelas VIII A SMP Negeri 2 Muara Batang Gadis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muara Batang Gadis kelas VIII A dengan desain penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Berdasarkan Hasil Penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pendekatan kontekstual yang dilakukan memperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan Teorema Phytagoras di kelas VIII A SMP Negeri 2 Muara Bartang Gadis Pada setiap siklus : Peningkatan kegiatan terjadi pada keseluruhan aktivitas belajar, (1) Siswa berani mengajukan pertanyaan dimulai dari 55,17 % menjadi 86,20 %; (2) siswa berani menjawab atau mengeluarkan pendapat dari 48,27 % menjadi 86,20 %; (3) Siswa aktif menyimak dan mengamati proses pembelajaran dari 58,62 % menjadi 82,75 %; (4) Siswa aktif bertanya kepada siswa ketika diskusi kelompok dimulai dari 44,82 % menjadi 86,20 %; (5) Siswa dapat mempersentasekan hasil diskusi kelompok dari 41,37 % menjadi 75,86 %. Hasil yang diperoleh juga didukung dari peningkatan persentase ketuntasan siswa yaitu 18 orang siswa tuntas dengan persentase 62,06% pada tes kemampuan awal, 21 orang tuntas dengan persentase 72,41% pada siklus I pertemuan ke-1, 22 orang tuntas dengan persentase 75,86% pada siklus I pertemuan ke-2, 24 orang tuntas dengan persentase 82,75% pada siklus II pertemuan ke-1 dan pada siklus II pertemuan ke-2 25 orang tuntas dengan persentase 86,20%