Pengaruh pendekatan Open-Eded terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan pecahan di kels III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara

Main Author: Hasibuan, Ainul Marhamah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4588/1/11%20330%200090.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4588/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa yang masihkurang di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Pembahasan penelitian ini barkaitan dengan pendekatan open-ended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran matematika, pendekatan open-ended, kreativitas dan pokok bahasan pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen one group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah kelas IIISD Negeri 200117 dan untuk sampelnya yaitu kelas III-C dengan mengunakan teknik non probability sampling dengan pemilihan sampel secara purposive sampling yang terdiri dari 31 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes yangdiberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus tes “t”. Berdasarkan hasil uji hipotesis rata-rata hasil pretest adalah 51,08 dan ratarata hasil postest adalah 78,78. Begitu juga dengan hasil tes “t” diperoleh thitung> ttabel = 11,67> 2,042 dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan df = (N-1) = (31 – 1) = 30. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan openended terhadap kreativitas siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara.