Pengaruh teknik pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pokok bahasan teorema phytagoras kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Nasution, Khoirina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4584/1/11%20330%200107.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4584/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Padangsidimpuan. Peneliti mendapatkan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dalam bentuk pemecahan masalah dan menghubungkannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi yang dirasa sulit oleh siswa adalah teorema phytagoras, sebagian siswa tidak memahami soal yaitu tidak mengetahui apa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal dan bagaimana menyelesaikan soal tersebut. Pembelajaran di kelas terlihat pasif sehingga perlu diterapkan teknik pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh yang Signifikan antara Teknik Pembelajaran Lingkaran Dalam Lingkaran Luar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan metode eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan dan sampelnya adalah kelas VIII-10 dan VIII-6. Kelas VIII-10 sebagai kelas eksprimen yang diajarkan dengan menggunakan teknik pembelajaran lingkaran dalam lingkaran luar dan VIII-6 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional. Instrument dalam penelitian ini adalah tes. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dulu peneliti melakukan uji coba instrument untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Teknik analisa data yang digunakan untuk melihat pengaruh teknik pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bawa thitung adalah 6,16 dan ttabel dengan dk = 42 dan taraf signifikansi 5% sebesar 2,168. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran lingkaran luar lingkaran dalam terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pokok bahasan teorema phytagoras kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian lingkaran dalam lingkaran luar dapat digunakan kepada kelas yang kondisinya sama dengan kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.