Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga Payung Kecamatan Sungai Kanan
Main Author: | Nasution, Rukiyah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4581/1/11%20310%200042.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4581/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengupas permasalahan bagaimana Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgapayung Kecamatan Sungaikanan. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgpayung dan bagaimana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga payung Kecamatan Sungai kanan. Metode penulisan skiripsi ini menggunakan pendekatan analisa kualitatif diskriptif dengan menggunakan riset lapangan dan instrument pengumpulan data yang diambil adalah observasi, wawancara dengan sumber data 1(satu) orang guru bahasa Arab, kepala sekolah Madrasah Aliyah Darul Falah dan santri 25 orang. Analisi dilakukan dengan cara menelaah semua data yang tersediah dari sumber data, dengan cara reduksi data dengan cara membuat abstraksi, menyusun data secara sistematis dan mengorganisasi, kemudian menyeleksi dan mendiskripsikannya serta menarik kesimpulan. Pengambilan keputusan diampil dengan pola pikiran induktif dan deduktif dalam mengambil keputusan. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan supaya kita mengetahui sejauh mana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Langgapayung Kecamatan Sungaikanan. Dengan cara observasi dan wawancara dengan guru bahasa Arab, kepala sekolah ataupun siswa dan siswi di Madrasah Aliyah Darul Falah Langgapayung. Dari penelitian yang dilaksanakan, bahwa kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah sudah menurun dengan cara peneliti sudah mengamati langsung bagaimana kualitas pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Darul Falah Langga payung Kecamatan Sungai Kanan dengan cara mengobservasinya terlebih dahulu dan mewawancarai secara langsung. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pembelajaran bahasa Arab adalah faktor internal (faktor yang datang dari dalam), faktor eksternal (faktor yang datang dari luar) dan faktor dari keluarga. Dan metode yang dipakai dalam pembelajaran bahasa Arab adalah metode ceramah dan metode tanyak jawab.