Penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Bunayya Padangsidimpuan

Main Author: Maisaroh, Maisaroh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4580/1/11%20310%200020.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4580/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran tematik merupakan kebutuhan pokok dalam implementasi Kurikulum 2013 dan merupakan hal yang baru. Oleh karena itu, peneliti ingin meneliti bagaimana penerapan pembelajaran tematik ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada empat yaitu: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran tematik di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? (2) Bagaimana hasil pembelajaran tematik di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? (3) Apa saja faktor pendukung yang mempengaruhi penerapan pembelajaran tematik di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? (4) Apa saja faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan pembelajaran tematik di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? Ada pun tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran tematik di SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian ini berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan yang membahas mengenai model pembelajaran tematik, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pembelajaran tematik yang meliputi: pengertian pembelajaran tematik, landasan pembelajaran tematik dan hal lainnya. Penelitian ini digolongkan kepada penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SD IT) Bunayya Padangsidimpuan. Sumber data ataupun informan penelitian ini adalah Kepala SD IT Bunayya Padangsidimpuan, PKS Kurikulum, PKS Kesiswaan, Pustakawan SD IT Bunayya, Guru SD IT Bunayya, dan Siswa SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif. Dari penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh hasil bahwa penerapan pembelajaran tematik di SD IT Bunayya telah menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran tematik, yang mana prinsip-prinsipnya adalah: Pertama, prinsip penggalian tema. Kedua, prinsip pengelolahan pembelajaran. Ketiga, prinsip evaluasi. Keempat, prinsip reaksi. Hasil pembelajaran tematik sangat baik dengan menghitung nilai rata-rata siswa secara keseluruhan adalah 88 dengan predikat A. Ada beberapa aspek yang menjadi faktor pendukung pembelajaran tematik diantaranya: Guru, siswa lingkungan sekolah, fasilitas sekolah, dan kerja sama orang tua siswa. Ada beberapa aspek yang menjadi kendala dalam penerapan pembelajaran tematik, di antaranya: aspek penilaian, waktu, buku panduan dan siswa yang terkadang ribut.