Pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada meteri pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal
Main Author: | Nasution, Nurhalimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4576/1/11%20330%200065.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4576/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan usaha belajar siswa dalam pembelajaran matematika, serta siswa kurang tertantang dalam mempelajari dan menyelesaikan soal-soal matematika sehingga pemahaman belajar matematika rendah. Hal ini disebabkan kegiatan pembelajaran yang kurang efektif dan efisen. Untuk mengatasi rendahnya pemahaman belajar matematika siswa, guru matematika menggunakan metode resitasi diakhir pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul ”Pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal” Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal.” Dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode diskriptif dengan pendekatan korelasional. Instrumen yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes, dengan jumlah sampel 40 siswa yang diambil dari populasi 159 siswa sehingga penelitian ini merupakan penelitian yang diambil secara random sampling. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antara dua variabel digunakan rumus persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya di lihat dengan menggunakan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode resitasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII pada materi pokok bangun ruang di SMP Negeri 1 Batang Natal dengan rhitung > rtabel atau 0,515 > 0,312 dalam kategori sedang. Untuk menguji kebenarannya dibuktikan dengan uji signifikan analisis regresi yaitu diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 6,845 > 4,105 dengan persamaan regresi y = 64,373 + 0,32X. Konstribusi determinan sebesar 26,52% dan sisanya 73,48% ditentukan oleh faktor lain.