Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi Kota Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Nur Afni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4574/1/11%20330%200061.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4574/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SD Negeri 200211 Padangmatinggi dalam pembelajaran metematika khususnya pada pokok bahasan bangun ruang. Ketika guru memberikan soal, siswa sangat kesulitan dalam menyelesaikan soal tersebut, karena selama ini siswa hanya menghafal rumus sehingga siswa tidak memahami konsep dan simbol- simbol dalam penemuan rumus. Ini disebabkan karena siswa dan guru kurang saling berkomunikasi sehingga siswa tidak mampu mengembangkan kemampuannya dalam memberikan ide-ide atau gagasan-gagasan yang membangkitkan kreatifitas siswa dalam belajar. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa yang berkaitan dengan masalah kehidupan nyata siswa, sehingga siswa tidak hanya mengetahui secara langsung tetapi juga dapat menemukan pengetahuan dengan pengalaman yang mereka alami dalam kehidupan sehari-hari.Berkaitan dengan hal tersebut, guru dituntut untuk menguasai berbagai metode atau model pembelajaran dan mempunyai daya kreativitas yang tinggi agar para peserta didik dapat benar-benar paham akan konsep-konsep dalam bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide dan gagasan-gagasan matematika yang telah ditanamakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan desain pre test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 76 siswa. Sampel di ambil dari populasi dengan acuan random sampling. Sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi, yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan nilai rata-rata kelas kontrol maka rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata kelas kontrol. Dari hasil uji t yang diperoleh dari hasil uji hipotesis 8ya9ng menunjukkan t hitung = 4,647694 > t tabel = 1,9846 maka ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan bangun ruang di kelas IV SD Negeri 200211 Padangmatinggi.