Hubungan penguasaan bentuk akar dengan hasil belajar limit pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barumun

Main Author: Hasibuan, Muhammad Rudi Rizki Syaputra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4559/1/11%20330%200017.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4559/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barumun dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru pada limit fungsi. Siswa tidak memiliki penguasaan konsep dasar limit yang memadai serta pemahaman yang kurang yaitu salah satunya penguasaan bentuk akar. Hal inilah yang menyebabkan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana gambaran penguasaan bentuk akar di kelas XII SMA Negeri 1 Barumun, bagaimana gambaran hasil belajar limit fungsi di kelas XII SMA Negeri 1 Barumun, serta apakah ada hubungan yang signifikan antara penguasaan bentuk akar terhadap hasil belajar limit fungsi di Kelas XII SMA Negeri 1 Barumun. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penguasaan bentuk akar di kelas XII SMA Negeri 1 Barumun, gambaran hasil belajar limit fungsi di kelas XII SMA Negeri 1 Barumun, serta hubungan yang signifikan antara penguasaan bentuk akar terhadap hasil belajar limit fungsi di Kelas XII SMA Negeri 1 Barumun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barumun yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 197 orang. Sampel penelitian yaitu di kelas XII IPA-3 dengan jumlah siswa 42 orang, dan teknik pengambilan sampel cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes bentuk multiple choice. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara deskriptif dan analisis data inferensial. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji t, dengan hasil uji t = 2,59. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 2,59 > 1,68. Untuk variabel penguasaan bentuk akar berada pada kategori “cukup”, hal ini sesuai dengan analisis data yang dilakukan, dengan nilai ratarata 65. Dan variabel hasil belajar limit fungsi tergolong pada kategori “cukup”, hal ini sesuai dengan analisis data yang dilakukan, dengan nilai rata-rata 64,52. Dan hasil koefisien korelasi yang diperoleh yaitu 0,38 dengan hubungan yang signifikansi. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis pada penelitian ini yaitu adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan bentuk akar dengan hasil belajar limit fungsi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Barumun dapat dibuktikan.