Analisis kesulitan siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat di kelas VII MTS Utama Nagasaribu

Main Author: Siregar, Arif Rahman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4548/1/10%20330%200082.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4548/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan siswa dalam memahami konsep pada pelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Kesulitan yang dialami oleh siswa kelas VII MTS Utama Nagasaribu dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat yaitu tidak dapat menyatakan ulang konsep materi yang telah dijelaskan dengan bahasanya sendiri, siswa tidak dapat mengelompokkan suatu objek dari materi tersebut sesuai dengan sifat-sifat yang ada pada konsep, siswa tidak dapat mengerti contoh yang benar dan membuat contoh lain dari konsep, siswa tidak mampu mempresentasikan suatu materi dengan bahasa yang sederhana, dan siswa tidak mampu menggunakan suatu konsep untuk memecahkan sebuahmasalah. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami konsep belajar matematika khususnya pada pokok bahasan operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika khususnya memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitataif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu tes, observasi, dan wawancara. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilaksanakan secara reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan data yang diperoleh. Selanjutnya, penelitian ini memiliki subjek penelitian yaitu siswa kelas VII MTS Utama Nagasaribu yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas VII MTS Utama Nagasaribu adalah kurangnya pemahaman dalam membandingkan dua buah bilangan bulat atau lebih, serta kurangnya pemahaman dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat negatif. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat adalah mengevaluasi kembali metode mengajar, dan media pembelajaran agar lebih baik dan diminati siswa, serta memberikan pemahaman konsep yang lebih mendalam kepada siswa agar benar-benar paham dengan materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.