Pengaruh brand “syariah” terhadap keputusan nasabah menabung di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan

Main Author: Ningsih, Yayuk Yulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4544/1/11%20220%200088.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4544/
Daftar Isi:
  • Dalam lingkungan perbankan, bank syariah sedang menjadi trend dalam perekonomian saat ini. Brand memegang peranan yang sangat penting dalam menjembatani harapan konsumen pada saat perusahaan yang menjanjikan sesuatu kepada konsumen. Semakin kuat ekuitas brand suatu produk, semakin kuat daya tariknya, dan membuat nasabah memutuskan memilih menggunakan jasa perbankan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand “Syariah” terhadap Keputusan Nasabah Menabung di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode claster sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 70 responden. Teknik analisis data menggunakan SPSS 17.00 dengan menggunakan Analisis Statistik Deskriptif, Analisis Korelasi Sederhana, Analisis Regresi Linier Sederhana, Koefisien Dererminan (R2), Uji Hipotesis dan Uji Normalitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa ada pengaruh signifikan brand “syariah” terhadap keputusan nasabah menabung di PT. Bank SUMUT Cabang Pembantu Syariah Panyabungan yang dibuktikan dengan analisis korelasi diperoleh angka sebesar 0,798 yang memiliki interprestasi yang kuat. Uji hipotesis, diperoleh thitung = 10,937 > ttabel = 1,667 dengan taraf signifikan 0,05. Nilai R2 = 0,638 yang menunjukkan seberapa besar brand “syariah” dapat berpengaruh terhadap keputusan nasabah, dari nilai R2 diketahui bahwa variabel brand syariah dapat berpengaruh terhadap keputusan nasabah menabung sebesar 0,638 atau 63,8%. Sisanya sebanyk 36,2% keputusan nasabah menabung dipengaruhi oleh faktor lain.