Hubungan penguasaan konsep himpunan dengan hasil belajar logika matematika kelas X-A MAS Basilam Baru

Main Author: Siregar, Ervina Sari Fauziah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4542/1/08%20330%200055.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4542/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan di MAS BASILAM BARU Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan berdasarkan adanya keluhan dari para siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi himpunan khususnya logika matematika. Kesulitan tersebut terjadi ketika siswa belum menguasai konsep himpunan, sehingga sering terjadi verbalisasi dalam memahami logika matematika. Berdasarkan latar belakang di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penguasaan konsep himpunan terhadap hasil belajar logika matematika kelas X MAS Basilam Baru Batang Anpgkola Kab. Tapanuli Selatan. Untuk melihat tingkat penguasaan konsep himpunan dan logika matematika digunakan analisa deskriptif, sedangkan untuk melihat hubungan di antara keduanya digunakan teknik korelasi product moment. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah berjumlah 35 siswa dari populasi sebanyak 170 siswa atau berkisar 21 % dari 5 kelas yang tersedia. Selanjutnya instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data dalam penelitian ipni adalah tes berbentuk multiple choice. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara penguasaan konsep himpunan terhadap hasil belajar logika matematika kelas X MAS Basilam Baru adalah “sedang” dengan angka korelasi rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,559 > 0,334. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa adanya hubungan antara penguasaan konsep himpunan terhadap hasil belajar logika matematika kelas X MAS Basilam Baru Kab. Tapanuli Selatan dapat dibuktikan.