Pengaruh promosi terhadap keputusan masyarakat Kelurahan Sitinjak menggunakan produk tabungan haji di bank syariah

Main Author: Hutasuhut, Anisa Yuliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4534/1/1540100108.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4534/
Daftar Isi:
  • Tanpa promosi jangan diharapkan nasabah dapat mengenal bank, oleh karena itu, promosi merupakan sarana yang paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan nasabahnya. Salah satu tujuan promosi bank adalah menginformasikan segala jenis produk yang ditawarkan dan berusaha menarik calon nasabah yang baru. Kemudian promosi juga berfungsi mengingatkan nasabah akan produk, promosi juga ikut memengaruhi nasabah untuk membeli dan akhirnya promosi juga akan meningkatkan citra bank di mata para nasabahnya, tetapi promosi dari Bank Syariah di Kelurahan Sitinjak masih sangat kurang memadai oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul pengaruh promosi terhadap keputusan masyarakat Kelurahan Sitinjak menggunakan produk tabungan Haji di Bank Syariah. Promosi bukan hanya alat komunikasi antar perusahaan dengan nasabah, melainkan juga sebagai alat untuk memengaruhi nasabah. Keputusan nasabah adalah pilihan alternatif keputusan yang dilakukan nasabah untuk menggunakan produk yang ditawarkan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengunakan analasisi regresi sederhana. Teknik pengumpulan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan angket serta melalui observasi terhadap individu yang informasinya diperlukan dalam penelitian ini. Angket merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberi seperangkat pernyataan atau pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 34 responden. Pengolahaan data dilakukan dengan SPSS versi 22. Hasil uji koefisien determinasi (R2) dapat diketahui bahwa Nilai R Square sebesar 0,443 artinya variabel promosi mampu menjelaskan variabel keputusan menjadi nasabah sebesar 44,3 persen sedangkan 55,7 persen sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini. Dalam arti lain bahwa masih ada variabel yang memengaruhi keputusan menjadi nasabah selain promosi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang signifikan yaitu promosi terhadap keputusan dengan nilai ttabel < thitung (2,036 < 5,041).