Upaya kepala sekolah dalam membina disiplin kerja guru di pondok Pesantren Darul Ikhlas Dalan Lidang Panyabungan Mandailing Natal
Main Author: | Azizah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4503/1/113100028.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4503/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam membina disiplin kerja guru di pesantren Darul Ikhlas Panyabungan, serta bagaimana disiplin kerja guru di pesantren tersebut dan apa saja kendala yang dihadapi dalam membina disiplin kerja guru, dari rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa upaya kepala sekolah dalam membina disiplin kerja guru, serta apa kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam membina disiplin kerja guru tersebut. Kegunaan penelitian ini untuk pengembangan ilmu pengetahuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja guru Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Dari penelitian yang dilaksanakan maka diperoleh hasil bahwa upaya kepala sekolah dalam membina disiplin kerja guru yaitu hadir tepat waktu, melaksanakan tugas dengan baik, merancang kurikulum, dan menkondusifkan pembelajaran dengan baik, dan mencerminkan akhlakul karimah bagi para pihak yang ada di sekolah, kemudian disiplin kerja guru yang ada disekolah ini adalah mematuhi peraturan yang disepakati bersama hadir tepat waktu, merancang kurikulum dengan baik, membuat pembelajaran lebih bermakna, kendala yang di hadapi dalam membina disiplin kerja guru adalah kurangnya kesadaran guru dalam melaksanakan tata tertib yang berlaku serta kurangnya keikhlasan guru dalam melaksanakan tugas.