Penerapan startegi pembelajaran fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan desa Panobasan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan

Main Author: Dalimunthe, Ernalis Arsita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4494/1/113100053.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4494/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran bukanlah menghapal fakta atau sejumlah informasi, akan tetapi pembelajaran bagaimana memperoleh pengalaman sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sebelum proses pembelajaran dan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan. Strategi pembelajaran adalah langkah- langkah yang terencana yang bermakna luas dan mendalam serta berdampak jauh ke depan dalam menggerakkan seseorang agar dengan kemampuan dan kemauannya sendiri dapat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan belajar. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni dan apa adanya. Sumber datanya terdiri dari sumber data primer dan skunder. Sumber data primer adalah guru bidang studi Fiqih dan sumber data sekunder adalah kepala madrasah dan guru-guru yang mengajar di madrasah tersebut. Dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini observasi dan wawancara. Observasi adalah pengamatan langsung kepada objek penelitian dengan cara mencatat data mengadakan pertimbangan kemudian mengadakan penelitian. Wawancara adalah kegiatan tanya jawab penulis dan guru bidang studi Fiqih. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik. Strategi pembelajaran yang diterapkan guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidimpuan Desa Panobasan Kabupaten Tapanuli Selatan adalah strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri dan strategi pembelajaran kooperatif.