Persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan di MTsN 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Sholihat, Iis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4490/1/113100016.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4490/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengupas tentang keterampilan mengajar mahasiswa, yang menjadi latar belakang masalahnya adalah adanya mahasiswa yang kurang memahami keterampilan mengajar ketika PPL. Dibuktikan dengan keluhan dari sekolah seperti guru pamong dan siswa. Sehingga, yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Guru Pamong terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MTsN 2 Padangsidimpuan. Berdasarkan rumusan masalah yang dikemukakan di atas, maka yang menjadi tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui pandangan guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MTsN 2 Padangsidimpuan. Dengan informasi yang diperoleh dari hasil penelitian ini, dapat dimanfaatkan bagi Dosen dan lembaga IAIN sebagai evaluasi dalam pengajaran, khususnya pada mata pelajaran micro teaching agar dapat meningkatkan dan mengarahkan mahasiswa mengenai pentingnya memahami keterampilan mengajar. Sebab, dengan keterampilan mengajar yang dimiliki, mahasiswa tidak akan kesulitan untuk terjun kedunia pendidikan yang sesungguhnya. Keterampilan mengajar yang dimaksud adalah keterampilan bertanya, keterampilan memberi penguatan, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan menjelaskan, keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka digunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, yaitu suatu metode yang menggambarkan gejala-gejala yang ada pada saat penelitian. Kemudian instrumen pengumpulan datanya adalah wawancara dengan teknik wawancara tidak terstruktur. Adapun responden atau informan penelitian ini berjumlah 27 orang, yakni 8 orang guru pamong, seorang kepala sekolah dan 18 orang siswa MTsN 2 Padangsidimpuan. Setelah penelitian ini dilakukan terhadap responden sebanyak 27 orang, maka diperoleh hasil bahwa Persepsi Guru Pamong terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa PPL Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan di MTsN 2 Padangsidimpuan adalah cukup. Dibuktikan dari nilai rata-rata yang diberikan guru pamong terhadap mahasiswa PPL tersebut.