Pengaruh faktor lokasi dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan
Main Author: | Handayani, Handayani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4470/1/11%20220%200057.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4470/ |
Daftar Isi:
- PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan memiliki lokasi dan pelayanan yang baik. Akan tetapi, ada beberapa nasabah yang tidak aktif lagi atau jarang sekali melakukan transaksi. Oleh karena itu, PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan perlu meningkatkan atau mempertahankan loyalitas nasabahnya agar nasabahnya tidak berpindah ke lembaga keuangan lain. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah faktor lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu manajemen pemasaran bank. Sehubungan dengan hal itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan strategi lokasi dan pelayanan yang terdapat pada bahasan bauran pemasaran (marketing mix) yang dikenal dengan istilah 7P yaitu :product, price, place, promotion, people, process, physical evidence. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket, wawancara dan observasi. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas, koefisien determinasi, uji hipotesis (t), uji F dan regresi berganda. Dengan menggunakan program bantuan SPSS VERSI 17.0, diperoleh hasil sebagai berikut : lokasi ( X1 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan, terlihat t hitung (4,549) > t tabel (2,007). Pelayanan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Oloan Ummah Sidempuan, terlihat t hitung (3,981) > t tabel (2,007). Variabel lokasi (X1) dan pelayanan (X2) secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah terlihat F hitung (16,127) > F tabel (3,175). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,383 yang berarti loyalitas nasabah mampu dijelaskan oleh variabel lokasi dan pelayanan sebesar 38,3% dan sisanya 61,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.