Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap tabungan wadiah di PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan
Main Author: | Lubis, Jeliana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4468/1/10%20220%200102.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4468/ |
Daftar Isi:
- Dalam menabung ada beberapa faktor yang mempengaruhi minat nasabah terhadap tabungan wadi’ah, diantaranya faktor Promosi, Pelayanan, dan Bonus. Faktor-faktor tersebut melatar belakangi Minat Nasabah untuk membuka tabungan wadi’ah di PT. Bank SUMUT Cabang Syari’ah Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Bank SUMUT Cabang Syari’ah Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 100 responden. Metode analisis data yang digunakan yaitu Uji Validitas dan Uji Reliabilitas, Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda dengan taraf signifikan 0.05, Uji F dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Uji Koefisien Determinasi (R2) adalah sebesar 0,47% atau 47% artinya sebesar 47% variabel Promosi, Pelayanan, dan Bonus mempengaruhi minat nasabah terhadap tabungan wadi’ah di PT. Bank SUMUT Cabang Syari’ah Padangsidimpuan. Sementara hasil Uji F (Simultan) menunjukkan bahwa variabel Promosi, Pelayanan, dan Bonus secara bersama-sama mempengaruhi minat nasabah untuk menabung dengan produk wadi’ah di PT. Bank SUMUT Cabang Syari’ah Padangsidimpuan yaitu sebesar 28,421 dimana Ftabel 2,699 pada df1 (Variabel-1) = 3 dan Df2 (n-k-1) atau 100-3-1 =96. Sedangkan secara parsial ada pengaruh promosi, pelayanan, bonus terhadap minat nasabah pada tabungan wadi’ah di PT. Bank SUMUT Cabang Syari’ah Padangsidimpuan. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh promosi terhadap minat nasabah dimana thitung > ttabel = 4.125> -1.985, maka promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah. terdapat pengaruh pelayanan terhadap minat nasabah dimana thitung > ttabel = 5.035 > -1.985, maka pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah. Terdapat pengaruh bonus terhadap minat nasabah dimana thitung>ttabel = 2.185 > -1.985, maka bonus berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah.