Pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah tabungan marhamah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan
Main Author: | Suryani, Suryani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4456/1/11%20220%200038.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4456/ |
Daftar Isi:
- Dalam era kompetisi bisnis yang ketat seperti sekarang, keberhasilan lembaga keuangan sering tergantung kepada kemampuan pemasaran dan pelayanan. Kepuasan pelanggan merupakan hal yang utama, maka kepuasan pelanggan adalah persepsi pelanggan bahwa harapannya telah terpenuhi atau terlampaui. Untuk memenuhi kepusan pelanggan tersebut dapat dilakukan dengan cara pemberian pelayanan yang baik, dikarenakan langkah tersebut dapat memberikan umpan balik dan masukan bagi keperluan pengembangan dan implementasi strategi peningkatan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dengan pengujian hipotesis ada pengaruh pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah tabungan marhamah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrument angket, dengan jumlah sampel 83 responden yang diambil dari populasi 495 responden. Selanjutnya untuk melihat pengaruh dan sumbangan variabel X kepada variabel Y digunakan rumus persamaan regresi linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas, dan koefisien determinasi, serta untuk melihat kesignifikannya dilihat dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antar variabel X (Pelayanan Prima) terhadap variabel Y (Kepuasan Nasabah). hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan hasil pada uji t yang menghasilkan thitung sebesar 7.035 hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 7,035 > 1,663 dan pvalue < α Yaitu 0,00 < 0,05, artinya Ha diterima dan H0 Ditolak. Nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0.379 atau 37,9%, artinya bahwa variasi variabel Pelayanan Prima dapat menerangkan variabel kepuasan nasabah sebesar 37,9%, sedangkan sisanya (62,1%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian, dari hasil perhitungan regresi diperoleh persamaan regresinya Y’= 22.209 + 0.587x, yang artinya setiap pelayanan prima sebesar 1 Satuan akan mempengaruhi peningkatan kepuasan nasabah sebesar 0,587