Pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada swalayan 88 Padangsidimpuan

Main Author: Nasution, Irhamni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/442/1/12%20230%200236.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/442/
Daftar Isi:
  • Swalayan 88 Padangsidimpuan merupakan tempat perbelanjaan berbentuk toko yang menjual berbagai macam makanan, minuman segar maupun hasil olahan, serta macam-macam perlengkapan rumah tangga. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini membahas masalah tentang bagaimana kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan 88 Padangsidimpuan. Untuk mengetahui kepuasan konsumen maka dilakukan pendekatan menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap kepuasan konsumen dalam berbelanja di Swalayan 88 Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori kepuasan konsumen, mengukur kepuasan konsumen, perilaku konsumen pasca pembelian, bauran pemasaran dan hubungan bauran pemasaran dengan kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 55 responden diambil dari konsumen Swalayan 88 Padangsidimpuan dengan jenis metode convenience sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 23. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk (variabel X1), harga (variabel X2), promosi (variabel X3), tempat (variabel X4) dan kepuasan konsumen (variabel Y). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel produk, harga, promosi dan tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini dibuktikan dengan uji F, dengan Fhitung, > Ftabel (31,860 > 2,060). Variabel produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung < dari ttabel (-1,799 < -1,676). Variabel harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung > ttabel (1,717 > 1,676). Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena thitung > ttabel ( 5.607 > 1,676). Variabel tempat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen karena thitung > ttabel (4,778 > 1,676). Nilai Adjusted R Square sebesar 0,696 atau sama dengan 69,6%. Berarti hanya 69,6% variabel produk, harga, promosi dan tempat yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Sementara 30,4% harus dijelaskan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini.