Pengaruh promosi terhadap minat nasabah dana talangan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan

Main Author: Zulpia, Zulpia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4413/1/11%20220%200089.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4413/
Daftar Isi:
  • Sesuai dengan judul “Pengaruh Promosi Terhadap Minat Nasabah dana talangan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan”, maka promosi perlu ditingkatkan oleh pihak bank, karena seharusnya bank lebih mengoptimalkan promosi produk penyaluran pembiayaan dana talangan haji tersebut, agar bisa mempertahankan dan menarik minat masyarkat menjadi nasabah, sehingga bisa menaikkan citra dan eksistensi bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat nasabah dana talangan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui besar pengaruh promosi terhadap minat nasabah dana talangan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian ini bersifat kuantitatif yaitu penelitian yang berbentuk angka. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Selanjutnya, analisis datanya dilakukan dengan menggunakan perhitungan statistik sebagai alat hitung antara lain: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas dan analisis regresi sederhana. Dari pengolahan data diperoleh sebagai berikut: Adanya hubungan yang kuat antara variabel promosi dengan variabel minat nasabah dana talangan haji pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Hal ini ditandai oleh nilai r sebesar 0,602 yang berarti adanya korelasi yang kuat antara variabel promosi dengan variabel minat nasabah dana talangan haji. Hubungan yang terjadi antara variabel promosi dan variabel minat nasabah dana talangan haji adalah hubungan yang berbanding lurus atau positif karena nilai r yang positif (+) dengan semakin meningkatnya kegiatan promosi, maka akan meningkat pula minat nasabah dana talangan haji. Dari perhitungan koefisien determinasi (r2) diperoleh nilai sebesar 0,362 atau 36,2%, artinya persentase sumbangan pengaruh variabel promosi terhadap minat nasabah sebesar 36,2%, sedangkan sisanya 63,8% dipengaruhi variabel lainnya namun tidak di bahas dalam penelitian ini. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y’ = 17,082 + 0,621 X yang artinya setiap peningkatan kegiatan promosi sebesar 1 % maka akan meningkat minat nasabah sebesar 62,1