Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok
Main Author: | Harahap, Hamzah Nur Anwar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/1/11%20220%200105.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/ |
ctrlnum |
4410 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/</relation><title>Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok</title><creator>Harahap, Hamzah Nur Anwar</creator><subject>1505 Marketing</subject><description>Keberhasilan pencapaian laba sebuah perusahaan sering tergantung pada
kemampuan pemasaran, kegiatan operasional, keuangan, akuntansi, dan fungsi
bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk
dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba. Promosi merupakan
pemberitahuan, pembujukan, dan pengimbasan Keputusan pembelian konsumen.
PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok belum pernah melakukan
penelitian seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan
produk gadai di unit kerjanya. Sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan supaya
perusahaan merencanakan anggaran promosi dengan target laba yang telah
ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya promosi
berpengaruh terhadap volume pembiayaan PT. Pegadaian (Persero) Unit
Pelayanan Syariah Sipirok.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi pada
data biaya promosi dan volume penjualan yang diperoleh dari PT. Pegadaian
(Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Kemudian dianalisis dengan
menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS Versi 17.0. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah biaya promosi (variabel X), dan volume penjualan
(variabel Y).
Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan
Y = 3,302 + 1,131X, dengan kata lain biaya promosi memiliki pengaruh positif
terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah
Sipirok. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh antara biaya promosi
terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah
Sipirok, hal tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, seperti
Perolehan R square sebesar 0,900, artinya 90% volume penjualan, sedangkan
10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model
regresi.</description><date>2015-04-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_by_nc_sa_4</rights><identifier>http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/1/11%20220%200105.pdf</identifier><identifier> Harahap, Hamzah Nur Anwar (2015) Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan. </identifier><recordID>4410</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Harahap, Hamzah Nur Anwar |
title |
Pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan produk gadai di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok |
publishDate |
2015 |
topic |
1505 Marketing |
url |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/1/11%20220%200105.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4410/ |
contents |
Keberhasilan pencapaian laba sebuah perusahaan sering tergantung pada
kemampuan pemasaran, kegiatan operasional, keuangan, akuntansi, dan fungsi
bisnis lainnya sesungguhnya tidak berarti kalau tidak ada permintaan akan produk
dan jasa sehingga perusahaan dapat menghasilkan laba. Promosi merupakan
pemberitahuan, pembujukan, dan pengimbasan Keputusan pembelian konsumen.
PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok belum pernah melakukan
penelitian seberapa besar pengaruh biaya promosi terhadap volume penjualan
produk gadai di unit kerjanya. Sebenarnya hal ini sangat penting dilakukan supaya
perusahaan merencanakan anggaran promosi dengan target laba yang telah
ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah biaya promosi
berpengaruh terhadap volume pembiayaan PT. Pegadaian (Persero) Unit
Pelayanan Syariah Sipirok.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi pada
data biaya promosi dan volume penjualan yang diperoleh dari PT. Pegadaian
(Persero) Unit Pelayanan Syariah Sipirok. Kemudian dianalisis dengan
menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS Versi 17.0. Variabel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah biaya promosi (variabel X), dan volume penjualan
(variabel Y).
Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh persamaan
Y = 3,302 + 1,131X, dengan kata lain biaya promosi memiliki pengaruh positif
terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah
Sipirok. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh antara biaya promosi
terhadap volume penjualan di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah
Sipirok, hal tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, seperti
Perolehan R square sebesar 0,900, artinya 90% volume penjualan, sedangkan
10% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model
regresi. |
id |
IOS14688.4410 |
institution |
IAIN Padangsidimpuan |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
513 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Padangsidimpuan |
library_id |
57 |
collection |
E-Theses IAIN Padangsidimpuan |
repository_id |
14688 |
city |
KOTA PADANG SIDIMPUAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS14688 |
first_indexed |
2020-11-08T06:23:46Z |
last_indexed |
2022-06-11T08:57:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1735329459529056256 |
score |
17.538404 |