Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui teknik pembelajaran kancing gemerincing pada materi kubus kelas VIII MTs Islamiyah Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat
Main Author: | Hayati, Purnama |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4299/1/13%20330%200110.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4299/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang dikemukakan pada penelitian ini adalah ketidakpuasan guru dengan rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII B MTs Islamiyah Barbaran Kec. Panyabungan Barat. Hal ini dikarenakan kurangnya partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, kegiatan pembelajaran yang masih terpusat pada guru, siswa yang sering tidak memberikan respon pada pertanyaan guru serta kemampuan siswa yang lambat dalam memahami materi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi kubus kelas VIII B MTs Islamiyah Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan teknik pembelajaran kancing gemerincing pada materi kubus kelas VIII B MTs Islamiyah Barbaran Kecamatan Panyabungan Barat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian kelas VIII B MTs Islamiyah Barbaran dengan jumlah siswa 28 orang. Kemudian instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan model siklus. Dalam pelaksanaan penelitian yang dilakukan adalah sebanyak dua siklus. Dalam satu siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Adapun tahapan yang dilakukan dalam setiap siklus adalah tahap perencanaan (Planning), tindakan (Action), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflection). Berdasarkan hasil tes yang dilakukan terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi kubus melalui teknik pembelajaran kancing gemerincing pada setiap siklus. Adapun uapaya yang dilakukan disamping penggunaan teknik kancing gemerincing adalah penggunaan media, pemberian reword. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan awal 57,53 dan persentase ketuntasan 21,42%; Siklus I pertemuan ke-1 rata-rata 65,36 dan persentase ketuntasan 32,14%; Pertemuan ke-2 rata-rata 71,75 dan persentase ketuntasan 46,42%; Siklus II pertemuan ke-1 rata-rata 75,92 dan persentase ketuntasan 64,28%; Pertemuan ke-2 rata-rata 81,71 dan persentase ketuntasan 75%. Sehingga persentase peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II adalah 30,36%. Berdasarkan observasi yang dilakukan peningkatan yang diperoleh pada setiap indikatornya secara keseluruhan yaitu: Pada Siklus I pertemuan ke-1 mencapai 49,99%; pertemuan ke-2 mencapai 57,85%; pada Siklus II pertemuan ke-1 mencapai 66,42%; pertemuan ke-2 mencapai 81,42%. Adapun persentase peningkatan aktivitas siswa dari Siklus I ke Siklus II adalah 20 %.