Perbandingan hasil belajar matematika antara model pembelajaran komunikatif talking stick dengan snowball throwing materi pokok operasi bilangan bulat di kelas VII SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Main Author: Manungkalit, Nursaidah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4297/1/13%20330%200108.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4297/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keberanian siswa untuk bertanya kepada guru mengenai materi yang belum dipahami, siswa cenderung diam ketika guru menanyakan materi yang belum dimengerti khususnya pada materi operasi bilangan bulat serta penyampaian materi yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick dan snowball throwing materi pokok operasi bilangan bulat di kelas VII SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparasi dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian eksperimen yang digunakan adalah non randomized control group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan yaitu sebayak 216 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini kelas VII Pi 2 sebagai kelas eksperimen A dan kelas VII Pi 4 sebagai kelas eksperimen B. instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Tekhnik analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda. Adapun tekhnik analisis data yang digunakan adalah rumus chi- kuadrat, uji homogenitas dan uji kesamaan dua rata- rata. Berdasarkan hasil perhitungan uji perbedaan dua rata- rata diperoleh thitung = 1,6472 dengan peluang (1-