Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika (studi di jurusan tadris/pendidikan matematika IAIN Padangisidmpuan)
Main Author: | Aziz, Abd. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4293/1/13%20330%200080.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4293/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya ketertarikan mahasiswa dalam belajar matematika, dan kurangnya kemauan mahasiswa dalam belajar matematika, hal ini dilihat dari persiapan sebelum pembelajaran dilaksanakan, seperti masih kurang dalam mencari materi atau bahan yang akan di pelajari, maka perlu dilihat tanggapan dan pendapat mahasiswa terhadap pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika di IAIN Padangsidimpuan Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pendekatan kualitatif diskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini menggunakan teknik Angket yaitu dengan menggunakan angket terbuka dalam mengumpulkan data. Adapun subyek penelitian ini mahasiswa aktif yang mengikuti pembelajaran di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian ditemukan bahwasanya persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran matematika difokuskan pada a. persiapan mahasiswa dalam pembelajaran matematika, b. pelaksanaan pembelajaran dengan dosen matematika dan c. penilaian dalam pembelajaran matematika, hal tersebut sudah dianalisis bahwasanya hasil mahasiswa sudah sepenuhnya mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran matematika dan mahasiswa Jurusan Tadris Matematika memiliki persepsi yang baik dalam pembelajaran matematika di Jurusan Tadris Matematika IAIN Padangsidimpuan. Dan berdasarkan perhitungan yang dilakukan terhadap data hasil angket, pembelajaran matematika di Jurusan Tadris matematika dikategorikan Cukup Baik dengan interpretasi skor 55,61%.