Pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Ramadhani, Suci |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4282/1/14%20401%2000071.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4282/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berusaha menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi, dan tempat terhadap peningkatan jumlah nasabah dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan terhadap peningkatan jumlah nasabah Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pemasaran, bauran pemasaran, perilaku konsumen, penghimpunan dana, serta dalil Alquran yang berkenaan dengan teori. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif data primer dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik yang termasuk di dalamnya uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji analisis korelasi ganda (R), uji koefisien determinasi (R2), serta uji hipotesis yang termasuk di dalamnya uji parsial (uji t) dan uji simultan (uji F). Pengolahan data menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk memperoleh thitung > ttabel (2,071 > 1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel produk berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel harga memperoleh thitung > ttabel (1,277 < 1,661), maka dapat disimpulkan H0 diterima, artinya variabel harga tidak berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel promosi memperoleh -thitung < -ttabel (-2,377 < -1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel promosi berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Pada variabel tempat memperoleh thitung > ttabel (3,782 > 1,661), maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya variabel tempat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah. Berdasarkan uji simultan (uji F) bahwa produk, harga, promosi, dan tempat memperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 7,265 > 2,00, maka dapat disimpulkan H0 ditolak, artinya secara simultan variabel produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah nasabah.