Metode pembelajaran nahwu shorof di pondok pesantren Musthafawiyah Desa Purba Baru Kecamatan Lembah Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal

Main Author: Lubis, Abdullah Sani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4276/1/13%20310%200167.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4276/
Daftar Isi:
  • Secara umum pembahasan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri di pondok pesantren Musthafawiyah dan untuk mengetahui kesesuaian metode penggunaan metode tersebut dengan pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri pondok pesantren Musthafawiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Apa saja metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran Nahwu Shorof di pondok pesantren Musthafawiyah (2) Bagaimana kesesuaian Metode yang digunakan oleh guru bagi santri kelas I pondok pesantren Musthafawiyah. Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui metode pembelajaran Nahwu Shorof kelas I santri di pondok pesantren Musthafawiyah (2) Untuk menegetahui bagaimana kesesuaian metode, pembelajaran Nahwu Shorof bagi santri kelas I di pondok pesantren Musthafawiyah. Kegunaan penelitian ini: (1) Secara teoritis, Sebagai bahan pengetahuan sejauh mana peranan metode dan materi pembelajaran dalam menentukan keberhasilan dalam pelajaran Nahwu Shorof (2) Secara Praktis, dapat mengetahui metode apa saja yang dilakukan dalam pembelajaran Nahwu Shorof. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Nahwu dan Shorof dan ilmu metodologi penelitian. Sehubung dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan ilmu-ilmu tersebut (aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Artinya menggambarkan semua apa yang ada dilapangan terkait dengan Metode Pembelajaran Nahwu Shorof di pondok pesantren Musthafawiyah. Metode pembelajaran Nahwu Shorof yang digunakan guru dalam menyampaikan materi dikatakan bervariasi, mulai dari metode ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan demonstrasi. Selain guru menggunakan metode dalam menyampaikan materi, kakak kelas santri pondok pesantren Musthafawiyah juga ikut berperan aktif dalam program Mudzakaroh yang di sponsori oleh organisasi daerah masing-masing. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan setelah sholat maghrib, dalam kegiatan tersebut biasanya untuk pelajaran yang akan dibahas ilmu Nahwu, sedangkan ilmu Shorof dilakukan setela Sholat Subuh. Kesesuaian metode pembelajaran Nahwu Shorof terhadap materi juga terhadap santri sudah sesuai tapi belum sepenuhnya sempurna, karena salah satu penyebabnya karena tingkat pemahaman seorang anak itu berbeda-beda.