Pengaruh pengetahuan dan iklan terhadap minat menabung di Bank Syariah (studi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2014)
Main Author: | Alexander, Dina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4263/1/13%20220%200100.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4263/ |
Daftar Isi:
- Perbankan Syariah merupakan bank Islam yang mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Perbankan Syariah merupakan lembaga keuangan yang dalam oprasionalnya berdasarkan prinsipprinsip Islam yaitu Al-quran dan hadis. Dengan melihat kondisi lingkungannya pihak Bank Syariah sendiri sudah melakukan pengenalan kepada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan, baik dari informasi yang disediakan oleh pihak bank dari iklan (majalah, koran, radio, televisi, dll) dan mahasiswa sudah lebih banyak mempelajari dan mempraktekkan tentang pengetahuan perbankan syariah hal ini merupakan yang melatarbelakangi penelitian ini yakni apakah pengetahuan dan iklan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam berpengaruh terhadap minat menabung di bank syariah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan iklan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan (IAIN) terhadap minat menabung di bank syariah. Penelitian ini berkaitan dengan pengetahuan mahasiswa tentang perbankan syariah baik dari media, keterpaparan informasi, pengetahuan ilmiah dan informasi yang diperoleh mahasiswa dari iklan perbankan syariah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dengan jumlah sampel 82 mahasiswa. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t dan uji f), dan uji koefisien determinasi R 2 . Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y = 10,265 + 0,189 (X1) + 0,333(X2) + e dan data R square sebesar 0,314 hal ini berarti 31,4% variabel pengetahuan dan iklan mampu menerangkan variabel minat menabung mahasiswa di Bank Syariah, sedangkan sisanya sebesar 68,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, pengetahuan memiliki thitung(pengetahuan) > ttabel (2,086 > 1,6637) dan tingkat signifikansi < α ( 0,040 < 0,1) artinya pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah. Iklan memiliki thitung(iklan) > ttabel (3,169> 1,6637) tingkat signifikansi < α (0,002 < 0,1) artinya iklan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa pengetahuan dan iklan memiliki Fhitung > Ftabel (18,177> 2,37) dan tingkat signifikansi yang diperoleh (0,000 < 0,1) artinya pengetahuan dan iklan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat menabung mahasiswa di bank syariah.