Pengaruh minat pedagang Sangkumpal Bonang terhadap produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Tarihoran, Citra Dewi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4259/1/13%20220%200145.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4259/ |
Daftar Isi:
- Emas merupakan salah satu penempatan dana darurat yang sangatlah baik disebabkan emas yang tidak pernah turun drastis nilainya dan tetap melambung tinggi dari tahun ke tahun dan memanfaatkan masyarakat (Pedagang) untuk melakukan investasi dengan menggunakan akad cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh minat pedagang sangkumpal bonang terhadap produk cicil emas pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah tinggi atau rendah minat pedagang sangkumpal bonang terhadap produk cicil emas pada PT. BankSyariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan.. Minat merupakan kecenderungan untuk memberikan perhatian dan tindakan yang menyebabkan timbulnya perasaan senang terhadap objek dari minat. Produk cicil emas merupakan proses pemindahan hak milik berupa emas yang dianggap sebagai harta kepada pihak lain dengan menggunakan uang sebagai salah satu alat tukarnya yang dibayarkan secara berangsur-angsur kesepakatan dan kerelaan kedua belah pihak saat melakukan akad. Penelitian ini penelitian kuantitatif, menggunakan analisis data dengan menggunakan regresi linier sederhana. Diolah dengan menggunakan perhitungan statistik SPSS 22.0. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis 2 deskriptif, uji normalitas, uji linier, uji determinasi (R ), regresi linier sederhana, dan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh nilai reliability statistic di atas menunjukkan bahwa cronbach alpha untuk variabel cicil emas adalah 0,926 > 0,60, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada variabel cicil emas (X) adalah reliabel dan pada variabel minat pedagang adalah 0,711 > 0,60, sehingga dapat disimpulkan bahwa pada variabel cicil emas (Y) adalah reliabel sedangkan pada nilai R squer sebesar 0,333 menunjukkan bahwa 33,3% variabel cicil emas mempengaruhi minat pedagang sedangkan 57,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.