Pengaruh pengetahuan dan persepsi santri tentang perbankan syariah terhadap minat memilih Bank Syariah (studi kasus santri Ponpes Musthafawiyah Purba Baru

Main Author: Rijaldi, Ahmad Dedi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4256/1/13%20220%200137.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4256/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah salah satu perbankan syariah telah melakukan kerjasama dengan Ponpes Musthafawiyah Purba Baru yaitu Bank Muamalat dengan mengadakan fasilitas ATM dan melakukan kegiatan promosi. Dilihat dari status santri yang banyak mempelajari Ilmu Agama, maka akan semakin besar peluang bank syariah memperomosikan produknya. Namun pada Ponpes Musthafawiyah Purba Baru berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis, dari kebanyakan santri masih memilih bank konvensional, hal ini dapat dilihat dari banyaknya santri yang antri di ATM bank BRI yang berada disekitar Ponpes Musthafawiyah Purba Baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh pengetahuan, dan persepsi santri tentang perbankan syariah terhadap minat memilih bank syariah. Objek pada penelitian ini adalah seluruh Santri (putra) yang berjumlah 7.045 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dengan jumlah sampel 99 Santri. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t (parsial) dan uji f (simultan). Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Minat = 8,787 + 0,141 pengetahuan + 0,451 persepsi + e dan data R square sebesar 0,226 hal ini berarti 22,6% variabel Pengetahuan dan Persepsi mampu menerangkan variabel Minat Santri memilih Bank Syariah, sedangkan sisanya sebesar 77,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, Pengetahuan memiliki thitung < ttabel (0,995 < 1,660) dan tingkat signifikansi > 0,1 (0,322 > 0,1) artinya Pengetahuan tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat. Persepsi memiliki thitung > ttabel (3,976 > 1,660) dan tingkat signifikansi < 0,1 (0,000 < 0,1) artinya Persepsi berpengaruh signifikan terhadap Minat. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa Pengetahuan dan Persepsi memiliki Fhitung > Ftabel (14,021 > 2,36) dan tingkat signifikansi yang diperoleh 0,000 < 0,1 artinya Pengetahuan dan Persepsi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Minat.