Internalisasi nilai - nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi spiritual dan sosial pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 081228 Sibolga
Main Author: | Nurlina, Nurlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4246/1/1723100224.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4246/ |
Daftar Isi:
- Internalisasi nilai-nilai multikultural menawarkan konsep pendidikan yang berbasis pada pemanfaatan keragaman yang ada di masyarakat, khususnya yang ada pada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai-nilai dan internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi spiritual dan sosial siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 081228 Sibolga, serta faktor pendukung dan penghambatnya. Informan penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah. Adapun metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa:1. Nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi spiritual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 081228 Sibolga, yaitu nilai kesamaan terlihat dari siswa sama-sama mau diatur guru ketika belajar, nilai persatuan dari siswa mampu bekerjasama menghapal surah atau kerja kelompok tanpa mempermasalahkan status sosial, nilai persaudaraan siswa mulai memahami bahwa sesama muslim itu adalah saudara meskipun berbeda suku, dan nilai keadilan. 2. Nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi sosial, yaitu nilai toleransi tercermin dari siswa tidak bereaksi berlebihan ketika ada siswa lain berpendapat, nilai kesamaan dari adanya tanggung jawab menyelesaikan tugas, nilai persatuan, nilai persaudaraan tercermin dari sikap peduli, dan nilai keadilan tercermin dari sikap jujur. 3.Internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi spiritual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SD Negeri 081228 Sibolga dilakukan dengan cara: a. Mengoptimalkan kemampuan guru dalam mengajar materi multikultural dengan selalu mengevaluasi cara mengajar, mempersiapkan materi terkait multikultural dan membentuk jiwa islami dengan pembiasaan membaca do’a sebelum dan seduah belajar, menghapal juz 30, menceritakan ulang kisah-kisah Nabi dan sahabat. 4. Internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi sosial pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SD Negeri 081228 Sibolga dengan cara interaksi komunikatif dan pembinaan sikap jujur dan tanggung jawab. 5. Faktor pendukung internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembentukan kompetensi spiritual dan sosial pada mata pelajaran pendidikan agama Islam yang ada di SD Negeri 081228 Sibolga adalah komunikasi yang baik, hubungan yang berkisanambungan dan kooperatif, serta Kepala Sekolah memfasilitasi kegiatan pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya adalah waktu belajar perminggu yang kurang memadai, tidak bisa memberikan belajar tambahan untuk siswa karena tidak ada waktu longgar, dan ruangan yang kurang menjadi penghambat internalisasi