Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 2 Sibolga

Main Author: Pasaribu, Kamrul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4243/1/1723100216.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4243/
Daftar Isi:
  • Salah satu upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan internalisasi nilai-nilai karakter kepada siswa melalui kegiatan keagamaan yaitu melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. Diantara keagamaan yang dikerjakan adalah shalat zhuhur berjama’ah, shalat dhuha, gemar membaca, dan kegiatan hari-hari besar Islam. Secara eksplisit pembiasaan ini meniscayakan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada diri siswa. Adapun rumusan masalah penelitian ini, apa saja nilai pendidikan karakter yang terinternalisasi di SMA Negeri 2 Sibolga? Bagaimana internalisasi nilai pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Sibolga? Bagaimana problematika internlisasi nilai pendidikan Karakter di SMA Negeri 2 Sibolga?. Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena-fenomena yang terjadi dan menganalisisnya dengan logika ilmiah induktif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Adapun kegiatan internalisasi nilai pendidikan karakter di SMA Negeri 2 Sibolga adalah melalui kegiatan keagamaan shalat jamaah, shalat dhuha, doa belajar, kegiatan salaman, dan kegiatan hari-hari besar ummat Islam, gemar membaca, dan pelaksanaan upacara. Nilai-nilai Pendidikan karakter yang diinternalisasikan di SMA Negeri 2 Sibolga adalah ketekunan keagamaan, kejujuran, kebersamaan, kerja keras. tanggung jawab, peduli lingkungan, nilai relijius, cinta tanah air dan toleransi beragama. Adapun tujuan nilai relijius agar anak dapat mempraktekkan keagamaaan dan membiasakannya. sekaligus tekun melaksanakan nilai toleransi beragama, di SMA Negeri 2 Sibolga dapat tanamkan dengan baik agar semua siswa-siswi yang beragama Islam, merasa dekat satu sama lain, adapun bentuk kebersaman yang dapat menyentuh hati bagi siswa muslim memeliki toleransi beragama di SMA Negeri 2 Sibolga. Adapun problematika guru menginternalisasi nilai-nilai karekter di SMA Negeri 2 Sibolga adalah minimnya pengetahuan siswa tentang agama, sehingga menjalankan keagamaan dengan asal-asalan, kurangnya doronagan orang tua, keterbatasan fasilitas, pengaruh lingkungan yang banyak mewarnai siswa di luar sekolah.